Home » , » Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh

Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh

Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh - Hallo Brother PUSATGAMEPEDIA, Today i will share Games for PC/Android/Tablet, with Title Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh, I have to share with you all, i have share Free Download Android Games / PC Games and Software Crack Full Version

Title Download Android Games / PC Games and Software Crack Full Version : Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh
Link Download Android Games / PC Games and Software Crack Full Version : Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh

Games/Software Do You Need :


Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh

Artikel Rei Ananta, Artikel Tips Android,
Tag : , ,

Sekarang ini, salah satu pemberitahuan yang paling menyebalkan selain tidak ada koneksi internet adalah memori penuh. Ketika hendak merekam video, mengambil foto, mengunduh konten dari internet, bahkan ketika sedang mendonwload file yang sudah hampir kelar, tiba-tiba ada pemberitahun bahwa memori penuh. Pasti kesal jadinya.



Lalu, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal sekarang ini perkembangan memori penyimpanan sudah maju. Ukuran memori microSD dengan kapasitas lebih dari 100 GB bukan hal luar biasa lagi, pun dengan memori internal yang sudah lepas dari ukuran belasan GB.

Seiring dengan berkembangnya alat penyimanan ini, tumbuh pula konten-konten digital yang lebih baik dan tentunya akan memakan tempat lebih banyak di memori. Contoh kecil saja pada penyimpanan CD. Saat ingin menyimpan sebuah file film dengan ukuran 500 MB pada resolusi 480P. Kita hanya butuh satu keping CD saja. Bagaimana kalau pada file yang sama resolusinya 1080P? Ukurannya pun akan membengkak jadi 4 GB. Butuh lebih dari 1 CD (di mana setiap satu kempingnya hanya dapat menyimpan 700MB). Beruntungnya, ada DVD yang dapat menyimpan 4.8 GB data.

Intinya sama saja. 1 film untuk 1 keping cakram. Bedanya, kualitasnya lebih baik dari sebelumnya. Artinya apa? Perkembangan teknologi penyimpanan berbanding lurus dengan file-file dengan konten yang lebih baik dan tentunya akan lebih banyak memakan ruang memori.

Hal ini juga menimpa benda penyimpanan yang dimiliki oleh smartphone, baik internal ataupun internal.

Dulu kita mungkin bisa menyimpan sekitar 5 film dalam kartu memori berukuran 1 GB, karena file-nya berbentuk 3GP (bukan 3GP yang aneh-aneh, ya, kaya hewan kawin tapi bisa bicara seperti manusia). Pada masa sekarang, dengan ukuran memori 16 GB, berapa film yang bisa disimpan? Kalau jawabannya lebih dari 30, berarti orang yang menjawab ini rela matanya sakit karena melihat gambar video yang pecah dan tidak jelas.

Layar smartphone sekarang lebih lebar dan jernih, karena kerapatan pikselnya lebih kecil. Spesifikasi layar yang memang ditujukan untuk file-file berkualitas, termasuk video dengan resolusi HD. Katakanlah 1 film HD ukurannya 3 GB. 3 kali 5 sama dengan 15. Memori ukuran 16 GB hanya dapat menyimpan 5 film HD. Sama halnya dengan memori 1 GB dengan 5 3GP-nya dulu, kan.

Mari kita selesaikan masalah memori penuh ini dengan cara paling mudah.


1. Ganti Baru


 
Simpel dan mudah. Ganti baru. Jika memori eksternal kalian berukuran 16 GB sudah penuh, itu saatnya ganti dengan yang baru, tentunya dengan kapasitas yang lebih besar. Misal 32 GB atau 64 GB.

Namun, cara ini hanya untuk jangka pendek saja. Satu bulan, dua bulan, atau beberapa waktu kemudian, mungkin kalian akan mengalami masalah yang sama lagi. Memori penuh. Lalu hati ini kapan penuhnya?

2. Hapus



 
Iya, hapus. Atau bahkan, format memori kalian agar kosong melompong. Itu cara mudahnya. Tapi, aku sarankan bersikap bijak juga.

Kita bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang tak dibutuhkan lagi, atau yang jarang digunakan. Jika masih sayang, coba hapus cache dan datanya saja di setting. Tapi hati-hati, karena dapat menghapus file yang harus didownload ulang ketika sudah dihapus. Seperti stiker Line, atau file-file pemanis di PicArts yang harus didownload lagi.

Sementara untuk file-file lainnya, seperti foto dan video yang memang cukup sering menjadi penyebab memori penuh. Pertahankanlah file-file yang kiranya masih dibutuhkan atau sayang untuk dibuang. Dan segera musnahkan file-file yang tidak berguna. File-file yang menimbulkan perasaan-perasaan negatif, atau foto-foto dan video mantan yang masih tersisa, dan sakit saat melihatnya. Delete All dan bakar Recycle Bin-nya. Itu lebih baik untuk masa depan kalian.

3. Simpan di Tempat Lain



 
Jika tidak tega melakukan penghapusan, atau memang file-file yang ada di memori semuanya penting, maka simpanlah di tempat lain. Istilahnya lainnya back-up.

Bisa simpan di harddisk laptop atau PC yang memang memiliki kapasitas besar. Atau bisa juga disimpan di Flashdisk. Beberapa smartphone sudah support OTG yang bisa membaca Flashdisk.

Atau, bisa juga menyimpannya di layanan Clouds. Seperti Google Foto yang menyediakan ruang sebesar 15 GB untuk menyimpan foto dan video. Kita bisa menyimpannya di sana dan menghapus semua file yang berada di memori. Tapi hati-hati dengan kuota. Saya sarankan nyari Wi-Fi gratisan saat melakukan up-load.

4. Kompres



 
Benar, file-file yang cukup besar bisa di kompres menjadi lebih kecil. Tapi file hasil kompresan ini kebanyakan kualitasnya jadi menurun. Seperti file MP3 320kbps yang bisa lebih dari 10MB, bisa dikompres jadi 3 MB-an dengan menurunkan birate-nya jadi 128kbps.

Sama halnya seperti video. Video berukuran 1080p tentu ukurannya lebih besar dari 480p. Namun, beberapa encode bisa membuat file video yang besar jadi kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Mungkin ada yang pernah menemukan file film kualitas HD dengan ukuran 3 GB, tapi di tempat lain ukurannya hanya 320 MB dengan kualitas yang sama. File yang terakhir itu adalah file hasil encode. Dan kebanyakan file berukuran kecil ini berekstensi mkv.

Namun, saya sarankan jangan banyak berharap banyak, karena tidak semua smartphone yang beredar sekarang ini dapat memutar file mkv kualiatas HD dengan lancar, meski menggunakan aplikasi pemutar video paling canggih pun.

Intinya, kita tidak bisa sepenuhnya menghilangkan masalah memori penuh ini, tapi kita bisa mengatasinya dengan bijak dan pintar, agar tidak ada lagi notifikasi menyebalkan saat hendak menyimpan sebuah file.

0 comments:

Post a Comment

Popular Games