Home » , » Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8

Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8

Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8 - Hallo Brother PUSATGAMEPEDIA, Today i will share Games for PC/Android/Tablet, with Title Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8, I have to share with you all, i have share Free Download Android Games / PC Games and Software Crack Full Version

Title Download Android Games / PC Games and Software Crack Full Version : Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8
Link Download Android Games / PC Games and Software Crack Full Version : Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8

Games/Software Do You Need :


Cara Mengubah Resolusi Layar Netbook Windows 7 atau Windows 8

Artikel Komputer, Artikel Tips Komputer,
Tag : , ,

UBAH RESOLUSI LAYAR PADA NETBOOK

Netbook merupakan benda canggih paling ringkas, selain smartphone tentu. Dengan bentuknya yang tidak terlalu besar, ringan dan simpel, tentu gampang dan tidak merepotkan untuk dibawa kemana-mana bila ada urusan.

DPX kali ini bukan akan membahas tentang spec atau kegunaan netbook. Soal itu diserahkan kepada penggunanya sendiri. Ada yang digunakan buat bisnis, baik itu online atau pun kantoran, untuk sekedar menulis naskah atau dokumen. Dan sebagai media hiburan, tentu. Karena untuk gaming, development yang berhubungan dengan pengeditan gambar atau video, jelas spesifikasi netbook kurang memadai.

Di sini kita akan bahas mengenai resolusi netbook bawaan hanya berkisar maksimal 1024 x 600 pixel. Tetapi entah kenapa suatu saat saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakan ketika menonton film yang resolusinya besar. Semisal memutar film BluRay 720 saja layar pada netbook sudah macet-macet. Entah karena video playernya.

Juga ketika menginstal aplikasi, kadang tampilnya jadi nggak utuh. Nah, setelah saya gugling dan menemukan cara merubah resolusi netbook, saya jarang menemukan kendala di atas lagi. Nonton film dengan resolusi gede juga lancar, nggak mencret-mencret lagi [smile]. 

Pernah kejadian (setelah saya ubah resolusi layar), sewaktu saya mengirim file film berformat .mkv ke teman yang punya Notebook (layarnya jauh gede ‘kan) waktu itu film yang saya kirim tersendat-sendat pemutarannya di netbook dia, tetapi sewaktu diputar di netbook saya lancar-lancar aja.

Oiya, kembali ke topik, pengecilan resolusi layar pada netbook ini juga bisa digunakan untuk menjadi solusi ketika menginstall Windows 8 yang harus mempunyai resolusi minimal 1024 x 768px. 

Well sekali lagi DWYOR.
SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB KALAU DENGAN MODIFIKASI INI NETBOOK KAMU BERASAP LALU KELUAR JIN TOMANG, PERANG DUNIA KE 3, DIPUTUSIN PACAR, MANTAN KEMBALI LAGI, ATAU AVENGER BUBAR!
Oke langsung aja, langkah merubah resolusi netbook (Win 7 & Win 8):
  • Buka registry editor (registry.exe) bisa melalui run (win + r) atau di opsi START

an image
an image
  • Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current Control Set/Control/Class/{4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}/0000
an image


  • Buka (klik 2 kali)  DWORD Display1_DownScalingSupported, dan ganti value-nya jadi 1

an image
  • Kemudian cari dan buka folder registry 0001 di sub folder yang tadi (letaknya tepat di bawah folder 0000): HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current Control Set/Control/Class/{4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}/0001
an image
  • Lalu sama seperti yang tadi ubah value di Display1_DownScalingSupported jadi 1 (bila DWORD tidak ada, kamu buat sendiri aja dengan nama “Display1_DownScalingSupported” nggak pake tanda kutip. Caranya klik kanan>>New>>DWORD (32bit) value)

an image

  • Tutup registry editor, lalu restart notebook kamu.
  • Setelah menyala lagi, cek hasilnya. Klik kanan di destop dan pilih screen resolution. Jika ada opsi tambahan 1024 x 768, 1152 x 864, selamat kamu berhasil.   

an image

Perbandingan resolusi pada netbook saya 
  • Normal  1024 x 600 px
an image
  • Setelah diubah 1152 x 864 px

an image

Study kasus: Waktu kemarin saya berniatan menginstal ulang netbuk dikarenakan satu atau beberapa hal. Tapi waktu itu file windows 7 di teman saya sudah dia hapus, tinggal sisa windows 8.1 dan windows XP di teman yang lainnya. Saya pun memilih windows 8.1 dan saya tahu saya akan kesusahan mencari drivernya.

Pertamanya lancar aja karena resolusi netbook sudah sesuai dengan syarat penginstalan (pada waktu itu saya bahkan nggak tahu ada syarat seperti itu). Dan ternyata ketika OS terinstal, resolusi netbuk kembali lagi ke asal, bahkan ke 800x600px maksimal. Waktu itu saya belum mendapatkan driver. Dan yang paling susah itu mendapatkan driver VGA (bahkan saya menggunakan driver netbook lain).

Dan tentu saja, aplikasi-aplikasi di windows 8.1 nggak bisa kebuka dikarenakan resolusi layar tidak memenuhi syarat, kurang besar. Saya pun mempraktekan metode di atas lagi. Akan tetapi saya menemui kendala lain lagi DWORD Display1_DownScalingSupported tidak ada.


Maka saya buat aja sendiri di dalam folder 0000, dan membuat folder turunannya 0001 dan membuat dword dengan value 1 masing-masing di dalamnya. Tetapi itu tidak membantu apa-apa. resolusi netbook masih belum berubah. Solusinya ya ternyata saya harus meninstall driver VGA-nya dulu. Saya pake driver vga netbook yang lain. Dan seketika setelah penginstallan selesai, resolusi layar jadi sesuai yang diinginkan :))

Well, demikian Cara Merubah Resolusi Layar Netbook.
Semoga membantu :)

0 comments:

Post a Comment

Popular Games